11 contoh teks laporan keterampilan cepat, ciri-ciri dan konstruksi

11 contoh teks laporan keterampilan cepat, ciri-ciri dan konstruksi

















Langsung saja ke materi kontennya

Setelah Anda mendapat tugas untuk melakukan percobaan atau percobaan, pelatih Anda juga akan meminta Anda untuk menulis laporan. Selain itu, bagaimana kinerja isi teks laporan eksperimen, yang sangat penting dan harus ditulis?

Sebenarnya, ini adalah pertanyaan yang menarik dan dapat disebutkan dalam rasionalisasi berikut. Namun sebelum itu perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa tugas melakukan eksperimen atau eksperimen biasanya diberikan untuk memperdalam pemahaman tentang kain.

Penulisan laporan harus benar dan aplikatif untuk menghindari kemungkinan kebingungan di kalangan pembaca. Terkait dengan perbedaan makna, konstruksi, sifat dan data, lihat isi teks laporan, Anda akan dapat mempelajari rasionalisasinya di bawah ini.

untuk memahami

Mari kita mulai dengan arti pertama. Pada hakikatnya isi teks laporan percobaan adalah isi teks yang isinya berbentuk laporan dan harus menjelaskan hasil yang diperoleh dari percobaan yang dilakukan.

Dengan kata lain, laporan percobaan ini dapat dikatakan merupakan isi teks yang merupakan hasil percobaan yang dilakukan peneliti. Sebenarnya isi teks ini tidak jauh berbeda dengan teks komentar.

Ini satu-satunya perbedaan antara keduanya terletak pada cara percobaan dilakukan. Menyikapi pengertian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa tujuan penulisan isi teks laporan percobaan adalah untuk menceritakan hasil percobaan dan hasil uji coba.

Sekali lagi, percobaan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang kain. Hal itu dilakukan melalui komentar untuk mencari pemicu dan pengaruh hubungan antar tanda.

Konstruksi isi teks laporan percobaan

Jika Anda diminta menyatakan konstruksi teks laporan percontohan, hal ini sama dengan menyatakan apa yang ada dalam laporan. Seperti yang Anda ketahui, laporan ini harus disusun sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

Konstruksi atau materi isi teks laporan eksperimen seringkali sebagai berikut.

1. Sasaran

Eksperimen sebenarnya dilakukan untuk tujuan yang dipilih. Target-target ini harus dikomunikasikan dalam laporan uji coba. Pada dasarnya tujuan penulisan laporan ini pertama kali diperkenalkan pada halaman web utama, bagian pertama. Targetnya harus diketahui secara khusus.

2. Perlengkapan dan perkakas

Setelah Anda melakukan eksperimen, Anda pasti menginginkan persediaan dan instrumen. Persediaan dan instrumen yang disebutkan di sini hanya digunakan dengan benar. Anda tidak ingin menggabungkan persediaan dan instrumen yang tidak terpakai.

Baca Juga  TOPG88 Apk Mod Dapatkan Ruang Buka Kunci Dwell Bar Terbaru

3. Langkah-langkah percobaan

Untuk memastikan pembaca mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai percobaan yang dilakukan, maka langkah-langkah percobaan harus dipersiapkan dengan baik. Tidak ada keinginan untuk membuat kalimat yang panjang, oleh karena itu langkah percobaan ini harus dilakukan secara ringkas dan berhasil.

Pastikan untuk menggunakan bahasa atau kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca Anda agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

4. Hasil percobaan

Seperti yang kami katakan sebelumnya, tujuan pembuatan konten tekstual laporan eksperimen adalah untuk menceritakan hasil eksperimen. Selanjutnya, hasil percobaan yang dilakukan harus dimasukkan dalam laporan.

Hasil percobaan ini harus diperkenalkan secara dekat sehingga pembaca dapat tertarik untuk melakukan percobaan terkait untuk mendemonstrasikan konsep saat ini.

5. Kesimpulan

Terakhir, laporan ini akan ditutup dengan kesimpulan. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa semua operasi yang dilakukan selama percobaan sampai memperoleh hasil harus dimasukkan dalam paragraf pendek. Ingat juga bahwa kesimpulan ini harus jelas, cepat dan ringkas.

Ciri-ciri teks laporan percobaan

Pengalaman empiris selalu memiliki ciri-ciri yang membuatnya sangat berbeda dengan jenis konten tekstual lainnya. Properti yang diinginkan adalah.

  • Isi teks laporan pada query meliputi hasil percobaan yang telah dilakukan dan percobaan ini untuk memeriksa suatu hal.
  • Isi teks laporan akan diawali dengan penjelasan tujuan percobaan
  • Mungkin terdapat bukti persediaan dan instrumen yang digunakan untuk melakukan eksperimen
  • Mungkin terdapat bukti terkait dengan strategi atau prosedur untuk melakukan eksperimen dan observasi
  • Terdapat kesimpulan yang isi laporannya diulas dari awal hingga akhir dalam bentuk rasionalisasi singkat.

Seperti isi teks laporan persidangan

Konten teks laporan eksperimen makanan

Buatlah puding coklat dengan topping buah yang sangat berbeda

sasaran:

Puding adalah makanan penutup yang sangat mudah disiapkan. Eksperimen ini akan membuat puding rasa coklat dengan topping berbagai jenis item dari berbagai jenis buah baru.

Instrumen dan perlengkapan:

  1. gigi
  2. Pisau untuk memotong buah
  3. Mangkuk untuk menggabungkan semua elemen
  4. puding panci
  5. Sudip
  6. wajan
  7. bahan
  8. Produk buah-buahan kontemporer termasuk kiwi, stroberi, dan pisang
  9. agar-agar bubuk 2 sendok teh
  10. Gula pasir 2 sendok makan
  11. Coklat bubuk 3 sendok teh
  12. Susu cair 500 ml

Langkah:

  1. Persiapan perbekalan
  2. Campurkan bubuk gelatin dengan sedikit air, dan ini akan menghasilkan larutan agar
  3. Campur coklat bubuk, gula pasir dan susu cair dalam panci
  4. Kursus membuat puding
  5. Tambahkan larutan gelatin ke dalam campuran susu coklat, aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata
  6. Gunakan api kecil dan nyalakan wajan dengan api besar, lalu aduk terus adonan hingga mendidih dan muncul gelembung.
  7. Saat merebus, Anda bisa mematikan api dan menjaga kombinasi puding tetap dingin. Lalu tuang ke dalam mangkuk puding dan biarkan dingin
  8. Tambahkan lapisan
  9. Pertama, pastikan puding tersebut adalah agensi
  10. Jika sudah matang, segera tambahkan topping dan kembalikan loyang ke dalam kulkas. Tiriskan puding hingga mengeras, dan puding siap disajikan
Baca Juga  Dapatkan lagu terbaru Planetlagu Stafaband Gratis 123 MP3

Hasil percobaan

Puding coklat yang dibuat secara efisien memiliki tekstur yang sangat sederhana. Rasa coklatnya enak banget dan tambahan topping buah-buahan membuat tampilan pudingnya semakin nikmat. Ditambah lagi, penambahan topping buah ini menambah cita rasa puding coklatnya.

Buah-buahan yang dipilih memiliki warna yang sangat kontras, namun benar-benar menghasilkan perpaduan warna yang indah. Kehadiran lapisan buah ini juga akan meningkatkan nilai gizi puding coklat.

Kesimpulan

Bereksperimen membuat puding dengan topping buah menghasilkan hidangan penutup yang rasanya enak dan terlihat menyenangkan. Cara membuatnya pun sangat sederhana, sehingga masakan ini biasanya berbeda-beda untuk rumah tangga dan acara tertentu.

Laporkan percobaan untuk mengetahui kandungan vitamin C dalam buah

Ketahui jumlah vitamin C dalam buah

sasaran

Untuk memahami kadar vitamin C pada pola buah yang dijadikan objek

Instrumen dan perlengkapan:

  1. Mortar dan alu
  2. Lihatlah di Tube
  3. Pipet tetes
  4. Minuman jus buah
  5. Pil vitamin C
  6. Betadine atau pati iodida
  7. udara
  8. tomat
  9. Jambu biji
  10. jeruk nipis

Langkah:

  1. Ambil ekstrak masing-masing buah yang akan diperiksa yaitu tomat, jambu biji, dan lemon
  2. Vitamin C larut dalam banyak kemasan
  3. Tiap kali dilihat tabungnya hanya diisi 1 ml Betadine setelah itu diberikan setetes ekstrak buah yang diteliti. Tetes diberikan sedikit demi sedikit
  4. Kata-kata dari berbagai tetes yang diharapkan untuk jawaban betadine menjadi jelas.

Hasil percobaan

Tetes tambahan Betadine yang diberikan, mengurangi kandungan vitamin C pada buah yang diteliti.

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan yang dilakukan, diketahui bahwa jambu biji merupakan buah yang kandungan vitamin C-nya lebih baik dibandingkan lemon dan tomat.

Selain itu, diketahui bahwa kandungan vitamin C pada minuman jus buah belum tentu 100% vitamin C sehingga tidak sesuai dengan klaim. Alhasil, kandungan vitamin C-nya tampak hanya sekitar 11,8% dan tidak sesuai dengan tabel data diet pada kemasan produk.

Karena akan lebih tinggi mengonsumsi unsur pangan murni dibandingkan pangan yang dipadukan dengan bahan sintetik.

Laporan Eksperimental: Pembuatan Tinta Rahasia

Rahasia membuat tinta

sasaran:

Untuk membuat tinta sekarang tidak terlihat

Instrumen dan perlengkapan:

  1. bola lampu listrik
  2. kertas putih
  3. Sepotong kapas
  4. Piring
  5. sendok
  6. udara
  7. lemon

Langkah:

  1. Peras lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air
  2. Masukkan jus lemon dan air biasa dengan sendok hingga tercampur
  3. Celupkan sepotong kapas ke dalam campuran air ini dan tulis pesan di kertas putih
  4. Tunggu beberapa saat hingga sari pada daun mengering dan kini tidak terlihat lagi
  5. Untuk mempelajari pesannya, letakkan kertas tertulis di dekat sinar matahari
Baca Juga  Hyperlink film Bokeh 2017 bahasa Indonesia, tanpa sensor

Hasil percobaan

Langkah percobaan tersebut berhasil membuat tinta tidak terlihat sehingga pesan yang dikirimkan terkesan sangat rahasia. Tinta ini merupakan contoh respon kimia yang dapat digunakan untuk berbicara dengan seseorang yang mempunyai pesan rahasia.

Kesimpulan

Jus lemon merupakan senyawa alami yang dapat mengalami oksidasi dan berubah warna menjadi coklat jika dipanaskan. Jus lemon yang encer dapat menjadi tinta sehingga membuat pesan sulit dibaca.

Dengan tinta tak kasat mata ini, tidak seorang pun akan menemukan tulisan di selembar kertas kecuali kertas itu diletakkan di dekat lampu.

Laporan percobaan: Kursus pembuatan telur asin

Buat telur asin

sasaran

Telur asin merupakan makanan yang mengandung berbagai vitamin dan nutrisi, sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan efek yang besar bagi tubuh. Telur ini termasuk telur bebek yang bisa direbus terlebih dahulu.

Cara membuat telur asin tentunya caranya sederhana dan mudah serta bisa dilakukan dengan cara konvensional. Manfaat mengonsumsi telur asin antara lain meningkatkan kinerja imajinasi dan menjaga daya tahan tubuh.

Instrumen dan perlengkapan

  1. ampelas
  2. Garam
  3. kesenangan
  4. Gosok abunya
  5. Telur bebek

melangkah

  1. Cuci semua telur bebek hingga bersih
  2. Amplas dengan bahan dasar kulit hingga halus
  3. Campurkan garam, tanah liat dan abu hingga halus
  4. Lapisi telur bebek pasir dengan campuran garam, tanah liat, dan abu merah
  5. Biarkan telur pada suhu kamar selama 20 hari hingga tiga minggu

Hasil percobaan

Bereksperimen membuat telur asin menghasilkan telur asin yang rasanya enak banget. Rasanya yang lezat membuat telur luar negeri sangat cocok dikonsumsi bersama nasi putih dan telur asin bisa dijadikan pengganti olahan telur bebek.

Kesimpulan:

Pembuatan telur asin membuat bahan makanan ini cukup lengkap. Telur asin ini mungkin sangat cocok dikonsumsi oleh segala usia. Namun karena kandungan garamnya yang berlebihan dan rasanya yang asin, telur asin tidak akan bermanfaat bagi penderita hipertensi.

Anda boleh makan, namun dalam porsi terbatas. Tidak bisa juga. Meski telur asin kaya akan vitamin, namun kurang bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Diam-diam

Pada tingkat ini, apakah Anda memahami isi teks dari laporan percontohan yang lebih tinggi? Ketika Anda diminta untuk menyusun isi teks laporan ini, pastikan untuk mempersiapkannya sesuai dengan konstruksi yang sesuai. Selain itu gunakanlah bahasa yang baik, benar dan mudah dipahami agar pembaca tidak salah memahami isi materi.