Beranda » Teknologi » 5 Cara Lengkap Ke Fasilitas BPJS Kesehatan, Online dan Offline

5 Cara Lengkap Ke Fasilitas BPJS Kesehatan, Online dan Offline

Penting sekali untuk mengetahui informasi mengenai cara transfer fasilitas kesehatan di BPJS. Sebab BPJS sendiri memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan yang ingin berpindah ke fasilitas kesehatan. Seperti ketika harus berpindah tempat karena alasan tertentu.

Perpindahan fasilitas kesehatan selalu diperlukan jika peserta berpindah tempat. Tujuannya untuk memudahkan akses ke fasilitas kesehatan terdekat. Untuk mengetahui persyaratan dan cara pergantian fasilitas BPJS kesehatan, silakan baca informasi di bawah ini.

Sekilas tentang BPJS Kesehatan

Padahal, program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia. Termasuk warga negara asing yang telah tinggal di Indonesia minimal 6 bulan dan telah membayar iuran.

Berkenaan dengan itu, masa berlaku BPJS dibagi menjadi dua jenis kepesertaan. Mereka adalah peserta yang menerima bantuan jaminan kesehatan yang menyasar masyarakat kurang mampu, serta peserta yang tidak menerima bantuan kesehatan dan membayar iuran kesehatan bulanan.

Fasilitas kesehatan yang ditanggung oleh BPJS

Sebelum membahas pengalihan fasilitas BPJS Kesehatan, Anda harus memahami terlebih dahulu fasilitas kesehatan atau fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dalam hal ini dapat dibedakan menjadi fasilitas kesehatan tingkat 1, fasilitas kesehatan tingkat 2, dan fasilitas kesehatan tingkat 3, dan uraiannya sebagai berikut:

Baca Juga  Soccer Tremendous Star Mod Apk With out Advertisements All the things is Unlocked 2023

1. BPJS Kesehatan Tingkat I

Fasilitas kesehatan tingkat 1 merupakan fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal peserta. Sehingga efektif menjadi acuan awal dalam berobat ke BPJS Kesehatan.

Kategori fasilitas kesehatan tingkat pertama meliputi puskesmas, klinik gigi, praktik dokter, rumah sakit kelas D, dan klinik pratama. Selain itu, terdapat penambahan fasilitas kesehatan seperti laboratorium dan apotek.

2. BPJS Kesehatan Tingkat II

Fasilitas kesehatan tingkat 2 di BPJS merupakan tempat pelayanan kesehatan selanjutnya setelah peserta mendapat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1. Salah satunya adalah fasilitas kesehatan tingkat 2 yang lebih lengkap dengan tersedianya dokter spesialis.

3. Fasilitas BPJS Sanitasi Level 3

Apabila faskes Tier 2 tidak dapat memberikan pelayanan dan pengobatan yang dibutuhkan peserta BPJS, maka dapat dirujuk ke faskes Tier 3. Beberapa contoh faskes Tier 3 antara lain rumah sakit umum, klinik primer, atau rumah sakit sejenis dan swasta.

Syarat dan Ketentuan Transfer Fasilitas BPJS Kesehatan

Terhadap fasilitas kesehatan yang diidentifikasi oleh BPJS Kesehatan, peserta dapat mengajukan permohonan mutasi fasilitas kesehatan. Lalu bagaimana cara ke fasilitas BPJS kesehatan? Dalam hal ini ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Peserta BPJS Kesehatan telah berpindah tempat tinggal dan dibuktikan dengan surat keterangan domisili.
  2. Peserta BPJS Kesehatan sedang menjalankan tugas dinas atau sedang menjalani pelatihan dan tersertifikasi dengan sertifikat pelatihan atau tugas dinas.
  3. Terjadi proses perpindahan atau realokasi peserta yang tidak merata sehingga ingin kembali ke fasilitas kesehatan tingkat satu (FKTP) sebelumnya.

Syarat pengajuan pengalihan fasilitas BPJS kesehatan antara lain:

  1. Kartu Peserta JKN-KIS yang akan ditransfer ke fasilitas kesehatan.
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Surat keterangan pindah rumah, kuliah, atau kerja.

Cara transfer fasilitas BPJS kesehatan secara online dan offline

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendatangi fasilitas BPJS kesehatan. Bisa secara langsung atau offline dan bisa juga secara online. Untuk lebih jelasnya berikut cara melakukannya.

Baca Juga  Mp3 Juice Apk Mod Dapatkan Lagu untuk Android Tanpa Iklan 2023

1. Melalui aplikasi seluler JKN

Salah satu cara transfer fasilitas kesehatan di BPJS Kesehatan adalah dengan menggunakan Aplikasi JKN Mobile. Berikut prosesnya:

  • Unduh dan instal Aplikasi Seluler JKN.
  • Setelah berhasil, Anda bisa langsung membuka dan klik Pendaftaran Pengguna Seluler.
  • Masukkan nomor kartu JKN KIS Anda dan isi data diri Anda seperti NIK atau KTP, alamat email dll.
  • Setelah itu, nomor aktivasi akan dikirimkan melalui email dan nomor tersebut akan digunakan untuk mengaktifkan aplikasi.
  • Jika sudah berhasil login, langsung saja klik opsi Ubah Data Peserta.
  • Kemudian pilih nama peserta BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan yang ingin dituju.
  • Nantinya akan muncul jendela pop-up dengan informasi “Ganti fasilitas kesehatan dulu”, silakan isi fasilitas kesehatan alternatif yang dibutuhkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapat notifikasi bahwa data BPJS telah berubah.
  • Cara ini dapat digunakan bagi peserta yang berobat ke fasilitas kesehatan tingkat 1 lebih dari 3 bulan.

2. Melalui Layanan Pelanggan Seluler (MCS)

Cara menuju fasilitas BPJS kesehatan selanjutnya adalah melalui MCS atau Mobile Customer Service. Jika memilih cara ini, peserta BPJS dapat mengunjungi MCS sesuai jadwal yang terjadwal. Jika sudah, peserta dapat mengisi FDIP (Formulir Pendaftaran Peserta).

3. Melalui Pusat Perawatan 165

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan layanan transfer klinik Care Center 165 di BPJS Kesehatan. Peserta hanya perlu menyerahkan perubahan data agar fasilitas kesehatan di BPJS bisa dialihkan.

4. Datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan

Cara ganti fasilitas BPJS kesehatan lainnya yang tidak kalah mudahnya adalah dengan datang ke kantor cabang BPJS terdekat. Proses pertukaran datanya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dokumen persyaratan seperti KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu JKN-KIS.
  • Jika Anda sudah sampai di kantor cabang, Anda bisa langsung mengambil nomor tunggu yang tersedia di meja layanan.
  • Kemudian isi FDIP sesuai data yang dibutuhkan, dan pastikan semua data sudah terisi dengan benar.
  • Jangan lupa isikan kolom fasilitas kesehatan dengan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga proses perubahan data selesai, kemudian petugas akan menginformasikan bahwa ada perubahan data fasilitas kesehatan.
Baca Juga  Dapatkan Seize Driver Apk Mod Gacor untuk Android 2023

5. Melalui Pusat Pelayanan Publik (MPP)

Cara pindah faskes BPJS kesehatan yang terakhir adalah dengan pergi ke MPP atau Mall Pelayanan Publik untuk merelokasi faskes. Peserta dapat mengisi formulir FDIP kemudian mengantri untuk menerima layanan yang diminta.

Tips dan cara memilih fasilitas BPJS kesehatan

Untuk memiliki fasilitas sanitasi yang baik, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sebelum memilih fasilitas BPJS kesehatan, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Pilih lokasi fasilitas kesehatan terdekat

Tips yang pertama adalah selalu memilih lokasi fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan rumah atau tempat kerja Anda, agar mudah dijangkau. Hal ini sangat penting, agar peserta dapat menerima pengobatan dengan cepat, cepat dan efektif.

2. Pencarian informasi ketersediaan layanan

Tips selanjutnya adalah mencari informasi mengenai ketersediaan dan kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan. Pastikan fasilitas kesehatan yang Anda pilih memberikan layanan berkualitas dan profesional. Salah satu caranya adalah melalui referensi dari teman, keluarga, atau review online.

3. Mencari informasi mengenai ketersediaan fasilitas

Tujuan akhirnya adalah memastikan bahwa fasilitas kesehatan yang dipilih menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan pasien. Mulai dari laboratorium, dokter spesialis, fasilitas rawat inap hingga radiologi.

Cara transfer fasilitas BPJS kesehatan sangat mudah karena dapat dilakukan secara online maupun offline. Namun permintaan perubahan data fasilitas kesehatan hanya berlaku bagi peserta yang berpindah lokasi, tugas kerja, atau pelatihan. Syaratnya hanya kartu JKN-KIS, kartu keluarga dan bukti domisili.