Beranda » Teknologi » Konstruksi sel tumbuhan, properti, fitur, dan detail lengkap

Konstruksi sel tumbuhan, properti, fitur, dan detail lengkap

Seperti hewan dan manusia, tumbuhan bahkan memiliki sel yang lebih maju. Salah satu ciri sel tumbuhan adalah bentuknya yang persegi panjang dan ukurannya lebih besar dibandingkan sel hewan. Setiap sel memiliki tugas yang membantu tanaman bertahan hidup.

Mulai dari mengatur pertumbuhan tanaman, pembentukan bunga, produksi oksigen, dan masih banyak lagi. Vegetasi memiliki sel-sel yang maju dan unik, sehingga memungkinkannya untuk menangani dirinya sendiri.

Namun tahukah Anda apa saja isi sel tersebut dan ciri-cirinya? Jika belum, teks ini telah menyiapkan jawabannya untuk Anda. Bagi yang penasaran, yuk simak bersama alasannya!

Sel tumbuhan adalah

Sel adalah bagian terkecil dari tumbuhan. Setengahnya terdiri dari membran tipis yang mengandung larutan koloid senyawa kimia. Sel ini mempunyai keunikan tersendiri, ia siap berkembang biak dengan cara membelah diri.

Tentu saja setiap sel pada tumbuhan mengandung isi sel. Hal ini memungkinkan sel untuk melakukan tindakan dan memenuhi keinginannya secara mandiri tanpa bantuan sel lain.

Bagian dasar penyusun sel adalah organel dan sitoplasma. Seluruh organel yang terdapat pada sitoplasma akan dilindungi oleh membran sel, sehingga kerja sel dapat terjadi dengan aman dan tidak terpengaruh oleh unsur luar.

Jenis sel tumbuhan

Vegetasi terdiri dari sel-sel kecil yang memungkinkannya hidup lebih lama. Sel-sel ini tidak semuanya sama. Ada tiga jenis sel yang menyusun bagian-bagian tumbuhan. Peran masing-masing sel adalah sebagai berikut:

1. Sel yang stabil

Sel-sel ini kuat dan kuat, sehingga tanaman tidak terluka. Partisi sel sklerenkim mempunyai ketebalan yang baik. Sel-sel ini akan berkembang di dalam tubuh tumbuhan. Namun, sel-sel telanjang ini akan hilang seiring dengan bertambahnya usia sel.

Sayangnya, umur sel yang kuat tidak harus lama. Alasannya adalah sel-sel ini tidak dapat menjual zat-zat penting selama metabolisme. Oleh karena itu, kematian sel biasanya terjadi.

Sel kehilangan rongga kosongnya ketika mati. Saat melakukan bagian, sel skleral memiliki dua jenis, yaitu fibril dan sklerit.

2. Sel parenkim

Dibandingkan sel sebelumnya, sel parenkim memiliki partisi utama yang lebih tipis. Sel-sel ini memiliki prinsip untuk mendukung kelangsungan hidupnya. Sel parenkim adalah dasar dari berbagai konstruksi tumbuhan.

Baca Juga  Mind Nurse Story Mod Apk Pembukaan dan tahapan tidak terbatas untuk semua objek

Berbicara tentang kinerja, sel parenkim penting untuk kinerja tanaman. Sel-sel ini bertugas menyimpan floem dan melakukan fotosintesis. Seiring berkembangnya sel, fungsinya untuk memenuhi fungsi biokimia akan meningkat.

Sel-sel ini menjadi tempat perkembangan sumsum tulang belakang. Thistle berguna sebagai cara untuk melindungi diri agar tidak dimakan oleh herbivora. Namun, sel parenkim paling sering berguna untuk menyimpan kotiledon.

3. Sel kolenkim

Yang membedakan sel kolenkim adalah septum utama yang ketebalannya tidak sama. Ketika mencapai fitur-fitur ini, hepatosit bekerja sama dengan sel parenkim. Sel-sel ini memiliki bentuk melintang dan ukuran memanjang.

Bentuk ini membantu sel kolenkim bekerja secara fleksibel. Sel kolenkim sering ditemukan pada batang, tangkai daun, dan urat daun. Sel kolenkim jarang terdapat pada akar.

alam

Sel-sel ini memiliki sifat fisik yang mungkin sangat berbeda dengan sel manusia dan hewan. Untuk lebih memahaminya, mari kita pelajari beberapa sifat sel tunggal ini:

  • Bentuk sel tidak berubah (tetap)
  • Tenaga disimpan dalam sejenis pati molekuler
  • Mengandung plastida (kloroplas, kromoplas, dan leukoplas)
  • Ini terdiri dari partisi sel
  • Ukuran kernel kecil
  • Ukuran lubang yang sangat besar

Gambarlah sel tumbuhan

Mungkin akan lebih menyenangkan jika Anda mengenali sel-sel pada jenis gambarnya, bukan? Anatomi sel beserta bagian-bagian pentingnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

Konstruksi dan fitur sel tumbuhan

Vegetasi yang awalnya tampak sebagai organisme hidup sederhana, justru memiliki konstruksi sel yang sangat maju. Setelah mengetahui berbagai bagian penyusun sel, mari kita pelajari ciri-ciri unsur sel berikut ini:

1. Dinding sel

Ini adalah bagian luar sel dan oleh karena itu ia memiliki sifat yang kuat dan tidak fleksibel. Dinding sel melindungi bagian dalam sel utama tumbuhan, beserta membran sel dan isinya.

Selain prinsip keamanan sel, dinding sel juga bertugas mengatur tekanan air yang masuk ke dalam sel agar tidak mengancam kelangsungan hidup sel.

Vegetasi seringkali memiliki dua jenis partisi sel, primer dan sekunder. Partisi utama biasanya lebih serbaguna satu sama lain Slip penutup Partisi perantara dan sekunder. Sementara itu, partisi sekunder menjadi salah satu alternatif karena lebih kuat, kaku dan tebal.

2. Membran sel

Ini adalah prinsip pelindung sel. Membran sel prinsipnya melindungi sel tumbuhan dengan lapisan tertentu yang tersusun Fosfolipid Dan protein. Membran ini juga memisahkan sitoplasma dari atmosfer luar.

Selain berguna untuk melindungi sel tumbuhan, bagian ini juga memiliki fungsi mengangkut zat seperti mineral, ion, dan vitamin ke dalam sel. Membran ini merupakan bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk menjaga kestabilan air dan kepadatan zat terlarut di dalam sel.

Baca Juga  Innovating Inspiring Educating Unit for Impartial Curriculum, Verify Right here!

3. Sitoplasma

Ini adalah cairan yang disimpan antara membran sel dan nukleus. Sitoplasma mengandung banyak bagian penting yang dibutuhkan oleh sel utama tumbuhan, seperti vakuola, mitokondria, kloroplas dan lain-lain.

Secara kolektif, masing-masing organel ini berkontribusi pada penyelesaian proses di dalam sel. Sitoplasma kadang-kadang disebut Gelnya sedang atau jeli. Tentu saja, berbagai reaksi kimia dan proses metabolisme pada tumbuhan berlangsung di sitoplasma.

4. Inti sel

Inti sel atau nukleus merupakan pusat aktivitas seluler tumbuhan. Bagian ini berfokus pada pengaturan proses metabolisme pada vegetasi dan pengaturan materi genetik sel.

Pada tumbuhan, nukleus dilindungi dengan baik oleh membran. Nukleus sendiri terdiri dari kromosom, nukleolus, dan nukleoplasma.

Jika administrasi genetik sel terjadi di dalam, nukleus juga dapat menjadi tempat transkripsi dan sintesis RNA. DNA yang terdapat pada inti disebut… Kromatin.

5. Ribosom

Ribosom adalah salah satu organel seluler yang terdapat pada sel tumbuhan utama. Ketika tanaman melakukan arahan genetik, ribosom akan bekerja sama dengan nukleus. Ribosom kadang-kadang disebut “pabrik protein”.

Pasalnya, organel tersebut juga berfungsi menghasilkan protein yang diperlukan untuk aktivitas seluler tumbuhan. Ribosom sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu ribosom spesifik dan ribosom bebas. Perbedaannya adalah ribosom tertentu cenderung bergabung dengan retikulum endoplasma.

6. Kesenjangan

Fungsi vakuola pada sel tumbuhan adalah menjual berbagai zat penting yang dibutuhkan tumbuhan. Tidak mengherankan, vakuola adalah organel terpenting yang terdapat dalam sel tumbuhan primer. Bentuknya menyerupai kantong besar berisi cairan tertentu.

Cairan ini merupakan tempat penyimpanan senyawa alami dan anorganik. Banyak zat seperti protein, gula, air, asam alami, mineral dan zat penting lainnya disimpan di organel ini.

Vakuola dilindungi oleh lapisan membran tipis yang disebut tonoplast. Kinerja vakuola tidak dapat diubah, karena organel ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan nilai pH, mengelola stres dalam sel, dan membuang sisa metabolisme tanaman.

7. Mitokondria

Organel utama berikutnya yang ditemukan dalam sel tumbuhan adalah mitokondria. Organel sel ini mempunyai bentuk tertentu yang lonjong, seperti sosis. Mitokondria terutama menghasilkan tenaga.

Mitokondria melakukan respirasi sel yang mengubah oksigen dan gula menjadi karbon dioksida dan energi.

Kinerja, yang erat kaitannya dengan produksi tenaga, akhirnya mendapat predikat tersebut Penguasa sel Atau menghasilkan tenaga di dalam sel. Tanpa mitokondria, sel tidak akan memiliki energi yang dibutuhkan untuk menopang dirinya sendiri.

8. Banyak aparatus Golgi

Golgi tubuh kita atau dengan nama lain dethisomes, merupakan organel yang tidak kalah pentingnya dalam sel tumbuhan. Pertama, organel ini sangat mirip dengan retikulum endoplasma, hanya saja Golgi tidak secara fisik berhubungan dengan inti sel.

Baca Juga  BF Browser Apk Mod Tanpa Iklan Premium Anti Blokir 2023

Bentuk fisik Golgi berada di dalam sejenis kantung kurus yang bertumpuk. Secara khusus, organel-organel ini adalah kendaraan untuk sekresi sel.

Aparat Golgi membantu mengubah enzim yang tidak aktif menjadi enzim energik yang dapat digunakan kembali oleh sel. Nantinya enzim yang sudah jadi akan dikirim ke elemen sel yang diinginkan.

Selain itu, badan Golgi juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan kedua protein yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma.

9. Kloroplas

Kloroplas atau kloroplas merupakan “dapur” sel. Seperti halnya manusia, Anda ingin dapur Anda selalu mengandung zat-zat agar tubuh Anda bisa makan. Hal yang sama juga berlaku pada kloroplas. Organel sel tumbuhan ini hanya ditemukan pada tumbuh-tumbuhan.

Ciri khasnya adalah warnanya yang hijau dan bentuknya yang lonjong. Tapi ada juga kloroplas datar. Kloroplas dilindungi oleh dua membran, membran luar dan membran dalam.

Klorob menghasilkan makanan dengan memanfaatkan energi dari awan, yang kemudian dihasilkan dalam bentuk makanan dan oksigen. Saat menangkap cahaya matahari, kloroplas dibantu oleh pigmen fotosintetik yang menyerupai klorofil dan karotenoid.

10. Lisosom

Apabila benda atau zat asing masuk ke dalam sel maka akan membahayakan kelangsungan aktivitas seluler tumbuhan. Di sini lisosom mempunyai tugas menghentikan masalah. Lisosom dapat mencerna dan menghancurkan zat-zat yang dapat merusak sel.

Faktanya, lisosom adalah bagian utama dari sistem pencernaan sel. Lisosom membantu menangkap makromolekul seperti lipid, protein dan asam nukleat yang kemudian digunakan untuk menjaga membran sel.

Menariknya, lisosom belum pernah ada pada tumbuhan sebelumnya. Jadi, banyak juga analisis yang melakukan penelitian terhadap lisosom.

11. Retikulum endoplasma

Retikulum endoplasma, atau disingkat ER, adalah komunitas yang memfasilitasi pengangkutan peralatan yang dibutuhkan sel. Organel-organel ini biasanya tidak dikeluarkan dari inti sel. Sekilas, RE tampak mirip dengan partisi berliku.

Energi terbarukan sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu energi terbarukan mikro dan energi terbarukan mentah. Kinerja ER yang bersih menghilangkan racun, mencerna karbohidrat, dan menyimpan kalsium. Sementara itu, area RE keras berguna sebagai tempat sintesis protein dan modifikasi protein.

Selain itu, dasar RE kasar berhubungan dengan ribosom, sedangkan dasar RE halus tidak berhubungan dengan ribosom.

Anatomi sel tumbuhan tingkat lanjut. Meskipun ukurannya kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, unsur-unsur sel ini dihubungkan dengan cermat untuk mendukung tumbuh-tumbuhan, mulai dari memberi tenaga dan menyimpan makanan hingga melakukan fotosintesis.