Beranda » Berita » Pulau Umang Alam Liar di Tengah Urbanisasi Kota Tangerang Selatan

Pulau Umang Alam Liar di Tengah Urbanisasi Kota Tangerang Selatan

Wisata Pulau Umang – Di tengah deru kendaraan dan hiruk pikuk kehidupan kota, tersembunyi sebuah pulau kecil yang masih alami. Fakta Pulau Umang, terletak di Kota Tangerang Selatan, Banten, menjadi tempat perlindungan bagi satwa liar yang terancam punah akibat urbanisasi yang kian meluas. Keberadaannya yang unik menjadikannya objek wisata menarik bagi warga kota yang ingin menikmati suasana alam liar nan asri.

1. Lokasi Strategis

Pulau Umang berlokasi di teluk Jakarta, tepatnya di Sungai Cisadane, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Letaknya yang strategis di pusat kawasan urban Tangerang Selatan menjadikannya semakin istimewa.

Dengan luas sekitar 8,7 hektar, Pulau Umang menyimpan kekayaan alam berupa hutan bakau dan beragam satwa. Meski terletak di tengah kota metropolitan, pulau ini masih menyimpan aura alami nan asri.

2. Suasana Asri nan Hijau

Suasana hijau mendominasi Pulau Umang. Pepohonan rindang tumbuh subur di sepanjang pesisir pantai berpasir putih. Suara debur ombak dan kicauan burung menemani setiap langkah pengunjung menyusuri pulau.

Pohon bakau tumbuh lebat di sepanjang pesisir Pulau Umang. Akar nafasnya menahan abrasi air laut dan melindungi daratan. Di bawah naungan rindang bakau, pengunjung bisa menikmati suasana asri nan sejuk.

3. Rumah Satwa Langka

Pulau Umang menjadi rumah bagi beragam satwa langka yang dilindungi. Berbagai jenis burung bermigrasi dan bersarang di pulau ini, seperti bangau tongtong, blekok sawah, cangak abu, dan kp. Biawak, bajing, dan ular juga sering terlihat di pulau ini.

Baca Juga  Pantai Tanjung Lesung Hotel Cottage: Surga Pantai yang Memikat Hati

Keberadaan satwa liar ini menambah daya tarik Pulau Umang sebagai destinasi wisata alam. Pengunjung bisa menyaksikan langsung kehidupan liar para satwa di habitat aslinya. Sebuah pengalaman langka di tengah hiruk pikuk kota metropolitan.

4. Spot Fotografi Alam Terbaik

Pulau Umang menjadi spot fotografi alam terbaik di Kota Tangerang Selatan. Pemandangan pesisir pantai yang indah dengan latar belakang gunung dan langit biru menjadi objek foto yang sangat instagenic.

Fotografer amatir maupun profesional kerap mengunjungi Pulau Umang untuk mengabadikan momen indah alam liar nan perawan ini. Hasil jepretan kamera di pulau ini pasti akan mendapat banyak pujian di media sosial.

5. Destinasi Rekreasi Keluarga

Pulau Umang menjadi destinasi rekreasi keluarga di akhir pekan yang ideal bagi warga Tangerang Selatan. Suasana asri dan fasilitas rekreasi yang tersedia sangat cocok untuk melepas penat.

Anak-anak bisa bermain di tepi pantai berpasir putih atau hutan bakau. Orang tua bisa bersantai di gazebo sambil menikmati udara segar. Jalan setapak di pulau ini juga cocok untuk sekedar jalan-jalan santai mengelilingi pulau.

6. Beragam Fasilitas Penunjang

Pulau Umang dilengkapi beragam fasilitas penunjang wisata yang memadai. Pengelola menyediakan gazebo, mushola, toilet, tempat parkir, dan warung makan. Jalan setapak mengelilingi pulau juga sudah dibangun rapi.

Beberapa spot foto instagenic juga sengaja dibangun, seperti jembatan gantung dan ayunan pantai. Berbagai fasilitas ini mendukung Pulau Umang menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman.

7. Dikelola dengan Baik

Pengelolaan Pulau Umang cukup baik. Pemerintah Kota Tangerang Selatan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga kelestarian pulau ini.

Petugas kebersihan rutin membersihkan sampah di sekitar pantai. Petugas keamanan juga selalu siaga menjaga ketertiban wisatawan. Edukasi pengunjung tentang pelestarian lingkungan juga rutin dilakukan.

Baca Juga  Berpetualang di Surga Tersembunyi - Kejutan Tempat Wisata Terbaru Bandung

Kebersihan, keamanan, dan kenyamanan menjadi prioritas pengelolaan Pulau Umang.

8. Biaya Masuk Terjangkau

Biaya masuk ke Pulau Umang sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang untuk wisatawan umum. Anak-anak di bawah 5 tahun gratis.

Harga tiket yang murah ini memudahkan semua kalangan mengunjungi Pulau Umang. Keluarga dan pelajar jadi sering mampir ke pulau ini untuk sekadar melepas penat atau piknik.

9. Berwisata Sambil Lestarikan Alam

Mengunjungi Pulau Umang berarti ikut melestarikan alam. Setiap tiket masuk yang terkumpul digunakan untuk biaya perawatan dan pemeliharaan pulau.

Dengan berkunjung ke Pulau Umang, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam liar, tapi juga berkontribusi langsung pada upaya pelestariannya. Kunjungan wisata yang bermanfaat bagi alam.

Demikian ulasan singkat mengenai Pesona Pulau Umang Kota Tangerang Selatan. Di tengah gemerlap kota metropolitan, pulau kecil ini bagaikan permata alam yang harus dijaga kelestariannya.