Beranda » Teknologi » Seperti slip gaji terbaru karyawan excel, perusahaan maupun perorangan

Seperti slip gaji terbaru karyawan excel, perusahaan maupun perorangan

Seperti slip gaji terbaru karyawan excel, perusahaan maupun perorangan

















Langsung saja ke materi kontennya

Slip gaji mempunyai fungsi yang penting karena menunjukkan informasi yang jelas mengenai upah yang diperoleh pekerja. Mulai dari upah kotor, potongan, bonus, tunjangan, lembur, dan lainnya. Lalu apa contoh voucher pengeluaran yang akurat?

Setiap perusahaan atau perusahaan otoritas pasti mempunyai format slip gaji yang dibuat khusus untuk orang-orang yang mereka inginkan. Voucher biaya mungkin berbeda-beda, tetapi biasanya mencakup elemen yang sama. Untuk pembelajaran tambahan, lihat dialog di bawah ini.

Ketahui voucher biayanya

Secara khusus, slip gaji dapat diartikan sebagai dokumen yang diberikan oleh pemberi kerja kepada pekerja. Data resmi tersebut mencakup besaran upah yang diberikan perusahaan. Slip gaji penting karena diperlukan untuk beberapa fungsi.

Seperti saat menggunakan hipotek atau nilai kredit dan sebagai bahan pertimbangan saat menegosiasikan gaji dengan perusahaan baru. Data pada slip gaji seringkali memuat gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan makan, bonus atau insentif, potongan, dan lain-lain.

Dalam hal ini slip gaji merupakan bukti resmi dan sah bahwa perusahaan telah memenuhi kewajibannya terhadap pekerja. Slip gaji juga dapat menjadi dokumen yang diperlukan dalam kajian moneter organisasi karena di dalamnya terdapat tagihan-tagihan perusahaan.

Sedangkan bagi pekerja, slip upah yang diperoleh akan membantu pekerja memperoleh informasi terkait pokok-pokok upah yang diperoleh pada unsur tambahan. Informasi yang lengkap juga membuka transparansi sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Templat slip gaji

Setiap perusahaan atau perusahaan otoritas mempunyai liputan pribadi terkait penulisan slip gaji bagi pekerjanya. Namun biasanya setiap voucher biaya berisi beberapa informasi penting sebagai berikut:

1. Merek dan gelar perusahaan atau perusahaan

Informasi utama yang terdapat pada voucher biaya adalah ikon di samping judul perusahaan atau perusahaan yang menerbitkan voucher biaya. Cukup banyak tambahan yang menganut judul tersebut. Informasi ini juga menunjukkan bahwa dokumen biaya upah adalah sah dan resmi.

Baca Juga  Dapatkan MEXC Apk untuk iOS dan Android Model Terbaru 2023

2. ID pekerja dan lokasi

Informasi selanjutnya ada pada tipe id dan lokasi lengkap dari pekerja tersebut. Identitas ini penting karena setiap pekerja di suatu tempat khusus seringkali mendapat upah khusus. Id ini berisi gelar, gelar, status dan NIK.

3. Rahasianya dok

Pada dokumen slip gaji juga terdapat informasi bahwa slip gaji tersebut merupakan dokumen rahasia (tidak bersifat publik dan rahasia). Sehingga hanya pekerja atau peserta acara yang diperbolehkan masuk untuk mendapatkan voucher biaya.

4. Tanggal pembayaran upah

Format slip gaji juga mencantumkan tanggal pembayaran upah pekerja. Tanggal yang tertera pada slip gaji menunjukkan bahwa pada tanggal tersebut upah dibayarkan kepada pekerja sehingga dapat dijadikan bukti faktual atau tidak sebagai suatu pertanyaan.

5. Gaji nominal

Besaran atau nominal upah yang dibayarkan merupakan barang dagangan lain yang wajib dicantumkan pada slip gaji. Upah nominal akan memberikan informasi besaran upah pokok, tunjangan, bonus, insentif, lembur, iuran BPJS, iuran koperasi, hipotek dan potongan pajak atau PPh.

6. Informasi biaya

Slip gaji juga memuat informasi rinci mengenai dana untuk pekerja. Diantaranya adalah jenis pendapatan sebelum dan sesudah pajak, pajak bulanan dan besaran upah yang diperoleh secara lengkap dengan rincian nama lembaga keuangan yang mentransfer.

Berbagai contoh slip gaji

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap perusahaan mungkin memiliki format penerimaan biaya khusus. Namun pada intinya, ada beberapa informasi penting yang tidak jauh berbeda. Agar lebih mudah dibaca dan dipahami, berikut contoh surat slip gaji yang bisa dijadikan referensi:

1. Seperti voucher biaya mudah

Beberapa perusahaan kecil seringkali mempunyai komponen slip gaji yang cukup sederhana bagi pekerjanya. Terlepas dari kejelasannya, data yang terkandung di dalamnya cukup lengkap. Terbukti pada pola slip gaji pekerja dibawah ini :

2. Seperti slip gaji pekerja swasta

Slip gaji bagi pekerja swasta sangat berbeda dengan PNS atau pekerja honorer. Bagi yang belum tahu, berikut ini contoh format slip gaji pekerja pribadi yang mungkin sangat sederhana dan cocok digunakan di perusahaan kecil.

3. Seperti slip gaji pekerja retail

Perusahaan ritel yang berkembang saat ini menuntut transparansi dan profesionalisme, serta gaji karyawan. Toko kecil maupun besar sama-sama menginginkan voucher pengeluaran yang jelas dan detail. Misalnya, voucher biaya adalah sebagai berikut:

4. Seperti voucher biaya organisasi

Setiap perusahaan memiliki format voucher pengeluaran pribadi yang diubah sesuai dengan polis asuransi terkait. Sebagai referensi, berikut contoh dokumen slip gaji yang cukup lengkap:

5. Seperti voucher biaya apoteker

Khususnya slip gaji digunakan sebagai bukti bahwa perusahaan telah memberikan hak-hak pekerja sesuai dengan polis asuransi yang telah ditetapkan. Namun banyak juga sektor korporasi yang menunjukkan bukti tingkat upah yang kinerjanya tidak jauh berbeda dengan slip gaji.

6. Seperti voucher biaya layanan kebersihan

Gaji yang diberikan kepada petugas kebersihan atau petugas kebersihan mungkin berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sama halnya dengan format penulisan slip gaji yang digunakan. Salah satunya dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

Baca Juga  Definisi, aturan kerja, bunyi, dan pertanyaan umum

7. Seperti slip gaji supir

Seperti banyak jenis pekerjaan lainnya, slip gaji seorang sopir perusahaan juga dapat berfluktuasi dari satu perusahaan atau perusahaan ke perusahaan lainnya. Meski memiliki jumlah pendapatan yang sama, namun formatnya mungkin berbeda. Seperti pada contoh di bawah ini:

Elemen wajib dari voucher biaya

Saat ini kami telah menyediakan beberapa contoh slip gaji untuk berbagai pekerjaan. Semuanya menggunakan format yang ditentukan oleh perusahaan. Namun, biasanya ada banyak elemen yang perlu disertakan. Diantaranya adalah:

1. Besaran upah pokok

Upah pokok adalah upah yang ditetapkan oleh perusahaan yang digunakan oleh pekerja berdasarkan pekerjaan dan tempatnya di perusahaan tersebut. Besaran upah pokok dikaitkan dengan kompetensi dan jabatan pekerja yang ikut serta.

2. Keuntungan yang didapat

Secara khusus, tunjangan adalah penghasilan tambahan yang diberikan untuk melengkapi upah penting. Beberapa jenis tunjangan yang umum diberikan adalah tunjangan atau tunjangan makan, tunjangan transportasi, tunjangan hari raya, dan tunjangan tempat tinggal atau profesi.

3. Pengurangan dikenakan biaya

Slip gaji sering kali memuat rincian potongan yang dibebankan kepada pekerja. Barang-barang ini dapat memiliki fungsi yang sangat berbeda. Diantaranya adalah potongan KPR, iuran BPJS Kesejahteraan dan BPJS Ketenagakerjaan, pajak penghasilan, dan pensiun.

4. Waktu tambahan

Hal lain yang dicantumkan dalam slip gaji adalah rincian kerja lembur yang dilakukan pekerja. Hal ini sesuai dengan undang-undang pihak berwenang yang menetapkan bahwa jam kerja lebih dari 7 jam per hari dan lebih dari 40 jam per minggu dianggap lembur.

Oleh karena itu, apabila pekerja bekerja lebih lama dari jam kerja normal, maka perusahaan harus membayar upah tambahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Penghargaan atau insentif

Selain rincian waktu lembur, slip gaji juga harus mencantumkan bonus atau komisi yang biasanya diberikan pada waktu tertentu. Misalnya bonus efisiensi kerja atau bonus penjualan kotor apabila tujuan yang telah ditetapkan perusahaan dapat tercapai.

6. Informasi perpajakan

Seperti diketahui, pemerintah federal telah menetapkan pajak penghasilan (PPh) yang diatur dalam Peraturan No. 7 Tahun 2021. Besaran PPh 21 diperkirakan sebesar 5% dari pendapatan. Besaran minimal penerimaan topik PPh 21 adalah Rp 5 juta/bulan.

Oleh karena itu, voucher biaya juga harus berisi informasi pajak yang relevan. Jadi bagi yang mempunyai keuntungan Rp 5 juta atau lebih, pajaknya akan dikurangi sesuai ketentuan terkait.

Gambarlah berbagai contoh slip gaji

Setelah mempelajari beberapa contoh voucher biaya, tulis codec dan elemennya. Mungkin akan lebih jelas jika ada contoh yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa contoh foto slip gaji yang memperlihatkan rincian gaji pekerja di berbagai bidang pekerjaan.

1. Seperti slip gaji pelatih honorer

Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang kini memiliki akademisi honorer untuk memenuhi keinginan mendidik pegawai perguruan tinggi. Slip gaji yang diberikan kepada akademisi honorer berbeda dengan gaji akademisi yang bekerja di PNS.

Baca Juga  Metadigital Apk Dapatkan Aplikasi Biaya Online Terbaru

Seperti diketahui, gaji yang diperoleh para akademisi honorer mungkin akan jauh berbeda dengan gaji yang diperoleh para akademisi yang bekerja di PNS. Biasanya bagi akademisi honorer, sistem penggajian dari universitas menjadi pertanyaan. Seperti pada contoh format slip gaji pelatih honorer berikut ini:

2. Seperti voucher biaya penginapan

Motel merupakan salah satu sektor perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan khususnya penginapan. Tentunya ada berbagai perusahaan yang membantu operasional penginapan untuk melakukan aksi korporasi.

Seperti halnya berbagai perusahaan, perdagangan rumahan juga mempunyai serangkaian profesi sehingga setiap pekerja di suatu tempat tertentu memperoleh upah tertentu. Di bawah ini adalah contoh dokumen voucher gaji pondok yang bisa Anda jadikan referensi:

3. Contoh slip gaji BUMN

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, BUMN memiliki banyak bidang administrasi yang kerap dikaitkan dengan keingintahuan masyarakat. Salah satunya adalah PT KAI (Kereta Api Indonesia) yang bergerak di bidang transportasi darat.

Ada banyak lapangan kerja di BUMN tersebut. Mulai dari mekanik, kondektur, pengatur perjalanan praktik, teknisi sinyal, petugas kereta api, kereta api, administrasi, paramedis dan lain-lain. Dibawah ini adalah contoh slip gaji pegawai KAI :

4. Contoh voucher gaji Alfamart

Alfamart adalah salah satu perusahaan ritel dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Tak heran jika begitu mudah ditemukan di setiap sudut kota. Dalam aksinya perusahaan, Alfamart banyak membantu pekerja dalam posisi dan jabatan.

Mulai dari asisten penjualan kotor yang selalu mampu melayani prospek, tenaga penjualan, asisten kepala pengecer, manajer ruangan, koordinator ruangan, departemen gudang, dan masih banyak lagi. Perbedaan jabatan atau jabatan akan berdampak pada tugas dan besaran upah yang diperoleh.

Bagi yang berminat dengan slip gaji karyawan Alfamart, berikut contohnya:

Sumber : Sarjana Ekonomi.co.id

5. Slip Gaji Lembaga Keuangan BRI

Bekerja di lembaga keuangan berarti memperoleh gaji yang sangat besar, sama halnya dengan gaji pegawai di lembaga keuangan BRI. Sebagai lembaga keuangan milik pemerintah, BRI memiliki banyak kantor departemen di seluruh Indonesia.

Dalam menjalankan operasionalnya, lembaga keuangan BRI didukung oleh pekerja yang mempunyai tugas dan jabatan masing-masing. Dari kasir, dukungan pelanggan, petugas akuntansi, karyawan back office, karyawan penjualan kotor, dan banyak lagi.

Dengan tugas dan tugas yang berbeda-beda, setiap tempat mempunyai besaran upah tertentu. Contoh dokumen slip gaji untuk posisi Supervisor Biasa bisa anda lihat.

Setelah menyimak dan mempelajari semua contoh slip gaji di atas, mungkin ini bisa memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang slip gaji. Meskipun terlihat sangat berbeda, semua jenis voucher biaya memiliki elemen yang sama. Mirip dengan gaji pokok, tunjangan dan potongan.