Resep Sorbet Durian Kelezatan Pencuci Mulut Musim Panas

Saat ini di Indonesia sedang memasuki awal musim panas dan banyak orang yang menanyakan resep sorbet durian karena membutuhkan makanan penutup dan makanan untuk melepas dahaga. Selain itu, musim durian sudah dimulai saat ini, sehingga banyak pedagang yang mulai menjual durian.

Merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang dan disebut sebagai “Raja Buah”, dan banyak orang yang mencari buah ini dari waktu ke waktu karena rasanya yang lezat. Bahkan tak jarang produk olahannya saling bersaing karena keunikan rasanya.

Terkadang banyak orang yang membeli durian dalam jumlah banyak sekaligus dan menyimpannya sebagai cadangan saat ingin memakannya di rumah. Namun terkadang orang khawatir membeli terlalu banyak dan duriannya akan busuk jika tidak segera dimakan.

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara mudah menghabiskan persediaan durian mereka. Seringkali orang bosan makan durian tanpa mengolahnya, maka dari itu yuk coba resep sorbet durian ini.

Sajiannya sendiri memiliki konsistensi dan rasa yang mirip dengan es krim sehingga sangat cocok dinikmati panas-panas. Namun cara membuatnya mudah karena tidak memerlukan krim kental atau susu.

Resep Sorbet Durian Mudah dan Praktis

Resep Sorbet Durian Mudah dan Praktis
Resep Sorbet Durian Mudah dan Praktis

Setiap buah memiliki toleransinya masing-masing, sehingga jika disimpan terlalu lama maka buah bisa membusuk. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara mengolah buah tersebut menjadi makanan lain agar durian cepat habis.

Kami juga merekomendasikan resep sorbet durian ini, yang memiliki rasa unik namun cocok untuk musim panas. Sorbet sendiri merupakan salah satu jenis makanan penutup yang mirip dengan es krim, namun tidak mengandung krim dalam komposisinya.

Baca Juga  Resep Churros Sederhana untuk Kelezatan Spanyol

Serbet bisa dibuat tanpa susu, sehingga banyak orang menyajikannya sebagai hidangan musim panas. Anda bisa membuatnya di rumah jika berminat, karena bahan-bahannya mudah didapat di pasar tradisional.

Selain itu, peralatan memasak resep sorbet durian juga sangat sederhana, bahkan kebanyakan orang mempunyai peralatan tersebut di dapurnya. Oleh karena itu, serbat menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin mengolah durian dengan mudah tanpa kendala.

Namun jika Anda masih belum tahu cara melakukannya, jangan khawatir, caranya sendiri sangat sederhana. Pada langkah pertama, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu, lalu mulai menyiapkan hidangan.

Persiapan Bahan

Sorbet durian sebenarnya sangat mudah, sehingga tidak perlu bingung atau khawatir jika Anda belum berpengalaman dalam menyiapkan masakan ini. Faktanya, sebagian besar bahan bisa Anda temukan di pasar tradisional tanpa harus pergi ke supermarket besar.

Tapi pastikan bahan terpenting untuk membuat masakan ini adalah daging durian. Pilih daging durian kualitas terbaik seperti Montong atau Musang King. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang luar biasa nikmat dijamin.

Selain itu, resep sorbet durian memiliki rasa yang ringan dan manis sehingga cocok dikonsumsi di awal musim panas. Jika Anda ingin menyajikan masakan buah durian segar, berikut beberapa bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu.

  • Buah durian 150gr, bisa pakai musangking atau lokal.
  • Santan instan cair 65 ml 1 bungkus
  • Manis dan kaya 80 ml
  • Air es 250 ml
  • Madu 3 sdm

Mempersiapkan Peralatan

Selain menyiapkan bahan-bahan untuk resep sorbet durian, Anda juga perlu menyiapkan peralatannya agar proses pembuatannya mudah dan sederhana. Namun perlu Anda ketahui bahwa peralatan untuk memasak sorbet ini cukup sederhana.

Faktanya, sebagian besar peralatan rumah tangga bisa ditemukan di dapur mana pun di Indonesia, sehingga memudahkan proses memasak. Karena dalam memasaknya tidak perlu membeli peralatan khusus terlebih dahulu, caranya sangat mudah dan sederhana.

Baca Juga  Resep Churros Sederhana untuk Kelezatan Spanyol

Berikut beberapa alat untuk Anda mulai membuat sorbet durian sehingga Anda bisa menyajikan hidangan penutup musim panas yang sempurna. Namun perlu diketahui bahwa sebelum digunakan, Anda harus mencucinya terlebih dahulu agar bersih dan steril.

  • Pisau tajam
  • Blender atau blender
  • Freezer
  • Wastafel

Cara Memasak Sorbet Durian

Cara Memasak Sorbet Durian

Yuk simak cara membuat sorbet durian.

Langkah pertama dalam resep sorbet durian adalah menyiapkan buah duriannya terlebih dahulu. Buka bagian kulit yang berduri dengan pisau tajam. Namun hati-hati karena durinya sangat tajam dan dapat melukai tangan Anda.

Setelah kulit durian dibuka, gunakan pisau untuk memisahkan biji dan ampasnya, lalu membuang ampasnya. Pastikan untuk memisahkan daging buah dan bijinya agar mudah dicampur dengan bahan lain nantinya.

Setelah ampasnya dibuang, langkah selanjutnya dalam membuat sorbet durian adalah mencampurkan semua bahan menjadi satu. Pertama, siapkan mangkuk besar dan masukkan bahan-bahan seperti ampas, madu, santan, susu kental manis, dan air es.

Pastikan semua bahan sudah tercampur rata. Pencampuran menggunakan blender atau mixer akan menjamin rasa yang seragam.

Selanjutnya, bekukan adonan homogen di dalam freezer selama kurang lebih 2 jam. Setelah 2 jam, keluarkan campuran resep sorbet durian dan aduk kembali dengan blender atau mixer.

Campur dengan mixer atau blender tangan, lalu tambahkan dan bekukan lagi selama 2 jam di dalam freezer. Ulangi langkah ini 2-3 kali hingga adonan lembut atau creamy dan enak.

Setelah Anda mendapatkan konsistensi krim, langkah selanjutnya adalah membekukannya kembali semalaman. Untuk memastikan bentuk es krim, bekukan di dalam freezer selama kurang lebih 24 jam.

Setelah dibekukan kurang lebih 24 jam, langkah selanjutnya adalah mengeluarkan adonan dari freezer. Selanjutnya, ambil cangkir dan sendokkan adonan ke dalamnya. Hidangan ini sekarang siap disantap.

Baca Juga  Resep Churros Sederhana untuk Kelezatan Spanyol

Cara membuatnya sangat mudah karena tidak menggunakan susu atau krim segar sebagai pengganti es krim. Sebaliknya dengan mengolah buah sesuai resep.