7 Wisata di Medan Kaya Akan Sejarah, Sedang Hits 2024

Medan, sebagai ibu kota Sumatera Utara, adalah salah satu kota terbesar di pulau Sumatera yang menawarkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tidak mengherankan bahwa ada banyak pilihan objek wisata yang dapat Anda nikmati di sini. Apakah Anda penasaran dengan berbagai destinasi wisata yang tersedia di Medan?

Mayoritas tempat wisata di kota Medan memiliki nilai sejarah yang sangat kuat. Jadi, ketika Anda berkunjung ke sana, bukan hanya sekadar berlibur, tetapi juga dapat belajar tentang sejarah di setiap tempatnya. Mari kita langsung simak penjelasannya di bawah ini untuk mengetahui informasi mengenai destinasi wisata menarik yang tersedia di ibu kota Sumatera Utara ini.

Apa Saja Rekomendasi Wisata di Medan Yang Sedang Hit

Selain sedang Wisata yang sedang hit, ini juga merupakan Tempat Wisata yang penuh sejarah di kota medan. Informasi ini juga update terkini di tahun 2024. Lalu apa saja Rekomendasi Wisata di Medang yang sedang hit dan terbaru tesebut.

#1. Museum Tjong A Fie Mansion

Apa Saja Rekomendasi Wisata di Medan Yang Sedang Hit
Apa Saja Rekomendasi Wisata di Medan Yang Sedang Hit

Museum Tjong A Fie Mansion, merupakan sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Medan, Sumatera Utara. Bangunan ini didirikan oleh Tjong A Fie, seorang tokoh peranakan Tionghoa yang terkenal pada awal abad ke-20. Museum ini menawarkan pengunjungnya sebuah perjalanan melalui waktu, menggambarkan kehidupan dan keberhasilan Tjong A Fie sebagai seorang pengusaha dan filantropis.

Dibangun pada tahun 1895, museum ini memperlihatkan arsitektur yang mencerminkan gaya Tionghoa-Eropa yang klasik. Saat memasuki museum, pengunjung akan disambut dengan koleksi artefak bersejarah, lukisan-lukisan indah, dan perabotan klasik yang menjadi saksi bisu dari kehidupan zaman dahulu. Salah satu ruangan yang menarik adalah ruang pertemuan yang pernah digunakan untuk kegiatan sosial dan bisnis Tjong A Fie.

Tak hanya sekadar menyimpan kenangan, Museum Tjong A Fie Mansion juga menjadi saksi bisu dari sejarah perkembangan kota Medan. Melalui pameran interaktif, pengunjung dapat menggali lebih dalam tentang peran Tjong A Fie dalam pengembangan kota tersebut.

Secara keseluruhan, Museum Tjong A Fie Mansion tidak hanya menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik, tetapi juga menjadi cermin dari keberagaman budaya dan sejarah yang kaya di Indonesia.

#2. Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Maimun

Rekomendasi selanjutnya adalah Istana Maimun. Nah, jadi Istana Maimun tuh tempat keren banget di Medan, Sumatera Utara. Jadi, istana ini dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rashid. Kesan kerajaan yang kental berasa banget begitu kita masuk ke sini.

Baca Juga  Eksplorasi Pesisir Tanjung Lesung Villa Banten - Keindahan, Kenyamanan, dan Keberlanjutan

Kalau lo datang ke Istana Maimun, lo bakal ketemu sama arsitektur yang unik banget. Gedungnya punya sentuhan Melayu, Eropa, sama India, jadi bener-bener campuran budaya yang asik. Salah satu spot yang paling nge-hits di sini adalah tangga yang megah banget, serasa lagi masuk ke zaman kejayaan kerajaan.

Nggak cuma soal bangunan aja, di dalam istana ini juga ada koleksi-koleksi seru, seperti pakaian tradisional, senjata, dan barang-barang bersejarah lainnya. Kayaknya, istana ini bisa jadi destinasi buat yang suka sama sejarah dan penasaran sama kehidupan kerajaan dulu.

Jadi, intinya, kalau lagi jalan-jalan ke Medan, mampir deh ke Istana Maimun. Tempatnya nggak hanya ngenalin sejarah, tapi juga bikin lo merasakan nuansa keagungan kerajaan tempo dulu. Seru banget, deh!

Tjong Yong Hian Gallery
Tjong Yong Hian Gallery

Oke, yang selanjutnya. jadi Tjong Yong Hian Gallery tuh kayak spot keren di Medan yang wajib banget buat dikunjungin. Gallery ini bener-bener nyajarin kita tentang seni dan budaya Tionghoa. Nah, pas lo masuk ke sini, langsung deh ketemu sama atmosfir yang asik banget.

Pertama-tama, lo bakal liat koleksi lukisan yang luar biasa dari Tjong Yong Hian, seorang seniman Tionghoa terkenal. Lukisannya tuh kayak jendela ke budaya Tionghoa dengan warna-warna yang mencolok dan detail yang apik. Serius, ngeliat karya-karya dia bener-bener ngasih pengalaman baru.

Selain lukisan, di gallery ini juga ada pameran barang antik dan kerajinan tangan yang bikin kita bisa ngerasain banget kekayaan warisan budaya Tionghoa. Oh ya, ada juga workshop buat yang pengen coba bikin kerajinan sendiri, seru kan?

Gak cuma buat pencinta seni aja, Tjong Yong Hian Gallery cocok buat semua orang yang pengen lebih kenal sama keindahan budaya Tionghoa. Jadi, kalau lagi di Medan, jangan lupa mampir ke sini, pasti dapet pengalaman seru!

#4. Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al-Mashun
Masjid Raya Al-Mashun

Berikutnya adalah Masjid Raya Al-Mashun, yang terletak di Medan, Sumatera Utara, merupakan salah satu landmark bersejarah yang memancarkan keindahan arsitektur Islam. Dibangun pada tahun 1906, masjid ini menjadi simbol penting dalam perkembangan agama Islam di wilayah tersebut.

Dengan arsitektur yang megah dan penuh keanggunan, Masjid Raya Al-Mashun menyambut pengunjungnya dengan kubah-kubah yang elegan dan menara yang menjulang tinggi. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi destinasi wisata religius yang menarik, menunjukkan kekayaan seni dan sejarah Islam.

Ketika masuk ke dalam kompleks masjid, pengunjung akan disuguhkan dengan interior yang memesona, dihiasi dengan kaligrafi indah dan ornamen-ornamen artistik. Ruang shalat yang lapang dan nyaman memberikan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para jamaah.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Raya Al-Mashun juga sering digunakan untuk kegiatan keagamaan dan kebudayaan. Dengan posisinya yang strategis di tengah kota, masjid ini menjadi pusat aktivitas keislaman dan pusat perhatian masyarakat.

Baca Juga  Tanjung Lesung Resort - Pesona Eksklusif Wisata Pantai Berkelas

Secara keseluruhan, Masjid Raya Al-Mashun bukan hanya tempat ibadah, melainkan juga sebuah peninggalan bersejarah yang memperkaya khazanah budaya dan spiritual di Medan. Kehadirannya mencerminkan keindahan Islam dan kontribusi besar dalam membangun identitas kota.

#5. Maha Vihara Maitreya Cemara Asri

Maha Vihara Maitreya Cemara Asri
Maha Vihara Maitreya Cemara Asri

Yang berikutnya apa ?. Nah, jadi Maha Vihara Maitreya Cemara Asri itu tuh kayak tempat yang asyik banget di Medan. Kalo lo suka suasana yang tenang dan damai, vihara ini bisa jadi pilihan yang pas. Di samping itu, vihara ini juga punya daya tarik arsitektur yang keren banget.

Pertama-tama, begitu lo masuk ke Maha Vihara Maitreya, lo bakal langsung dapetin atmosfir yang bikin hati adem. Ada kolam dengan air jernih dan pepohonan yang rindang, berasa kayak lagi di tempat yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Pokoknya tempat ini bener-bener oase ketenangan.

Trus, yang bikin vihara ini unik, ada patung Buddha Maitreya yang super gede. Dia duduk di tengah-tengah vihara dengan postur yang mengesankan kebijaksanaan dan ketenangan. Luasnya vihara juga bikin lo bisa nyaman buat duduk-duduk sambil merenung atau sekadar melepas penat.

Gak hanya buat umat Buddha, Maha Vihara Maitreya juga terbuka buat pengunjung dari berbagai agama. Suasana ramah dan penuh toleransi di sini bikin tempat ini jadi destinasi yang menarik buat dijelajahi. Jadi, kalo lagi di Medan dan butuh tempat nyaman buat bersantai, mampir deh ke Maha Vihara Maitreya Cemara Asri. Seru banget!

#6. Wonders Water World

Wonders Water World
Wonders Water World

Selanjutnya Nih, Wonders Water World tuh kaya surga bagi pencinta wahana air di Medan! Begitu lo masuk ke sini, lo bakal langsung disambut sama deretan waterslide seru yang bikin adrenalin naik. Pertama-tama, ada lazy river yang santai buat yang pengen rebahan sambil meluncur pelan-pelan di air.

Kalau lo suka tantangan, jangan lewatkan juga waterslide yang bentuknya unik dan bikin lo berputar-putar sepanjang perjalanan. Selain itu, kolam ombak yang gede banget di sini juga jadi favorit buat yang pengen merasakan sensasi pantai meski jauh dari laut.

Gak hanya wahana airnya aja yang seru, tapi ada juga area untuk anak-anak dengan mini waterslide yang aman buat si kecil. Bisa jadi tempat seru buat keluarga yang pengen quality time bareng.

Yang paling asik, Wonders Water World sering banget ngadain event dan aktivitas menarik di samping wahana airnya. Jadi, gak cuma main air aja, tapi juga bisa dapet pengalaman yang lebih seru.

Jadi, buat yang lagi pengen keseruan bareng teman atau keluarga di tengah teriknya Medan, Wonders Water World bisa jadi pilihan yang oke banget!

Baca Juga  Tanjung Lesung - Terobosan Liburan Hemat dengan Tanpa Mengurangi Kesenangan

#7. Upside Down World

Upside Down World medan
Upside Down World medan

Tearkhir Cuy, Upside Down World itu kayak masuk ke dunia lain deh! Begitu lo masuk, lo langsung disambut sama suasana yang bikin kepala pusing tapi seru abis. Semua furnitur dan dekorasi di sini dipasang terbalik, jadi berasa lo lagi jalan di langit terbalik.

Mulai dari kamar tidur, dapur, sampe ruang tamu, semuanya dihadirkan dengan desain yang bikin ilusi optik. Jadi, lo bisa foto-foto seolah-olah lagi terbang atau ngelakuin aktivitas sehari-hari sambil terbalik.

Gak cuma itu aja, Upside Down World juga punya beberapa tema area, kayak ruang alien, kota New York, atau ruang anti-gravity yang bikin pengalaman lo makin keren. Setiap sudut punya vibe dan cerita sendiri, jadi bakal ada banyak banget spot foto yang kece.

Oh ya, mereka juga sering update dekorasi dan tema, jadi tiap kunjungan bisa jadi pengalaman yang beda. Jangan lupa bawa kamera atau smartphone, karena pasti bakal pengen banget foto-foto kreatif di sini. Pokoknya, buat yang doyan unik dan kreatif, Upside Down World ini bisa jadi alternatif seru buat ngisi waktu luang!

Kesimpulan & Penutup

Dengan berbagai destinasi menarik yang telah dijelaskan di atas, Medan menawarkan pengalaman wisata yang beragam dan memikat. Museum Tjong A Fie Mansion mengajak kita merenung dalam sejarah Tionghoa-Indonesia, sementara Istana Maimun memperlihatkan kejayaan kerajaan yang masih melekat. Sementara itu, Maha Vihara Maitreya Cemara Asri memberikan suasana damai bagi pencari ketenangan, dan Wonders Water World menyuguhkan kegembiraan di tengah teriknya kota.

Dari sisi kreatif dan fotogenik, Upside Down World menjadi tempat yang unik untuk mengabadikan momen dengan ilusi terbalik yang menghibur. Begitu pula dengan Tjong Yong Hian Gallery yang menawarkan keindahan seni Tionghoa modern.

Dengan ragam pilihan ini, Medan memberikan pengalaman wisata yang memuaskan untuk berbagai jenis minat. Baik untuk mengeksplorasi sejarah, menikmati keindahan seni, atau bersenang-senang di wahana air, kota ini menegaskan dirinya sebagai destinasi yang beragam dan menarik di Indonesia.

Sebuah perpaduan harmonis antara warisan budaya, keindahan alam, dan hiburan modern menjadikan Medan sebagai tujuan wisata yang tak terlupakan. Jadi tunggu apa lagi, ajak keluarga atau pasangan untuk berwisata. Apa lagi di hari valentine yang tidak lama lagi.